Sabtu, 02 Januari 2016

Learn Korean (한국) Language

ㅡ Belajar, Menceritakan Kegiatan Lampau, Pernah & Belum.

Example:

떡국을 먹어 봤어요?
( tteokgugeul meogeo bwasseoyo? )
apakah kamu pernah makan bubur teok ?
네, 먹어 봤어요.
( ne, meogeo bwasseoyo )
Ya,saya pernah memakannya

아뇨, 안 먹어 봤어요.
( anyo, an meogeo bwasseoyo )
Tidak, saya tidak pernah memakannya

아직, 안 먹어 봤어요.
( ajik, an meogeo bwasseoyo ).
Aku belum pernah (mencoba) memakannya

__________________________

Dari dialog di atas bisa kita ambil 2 ( dua ) kesimpulan :

1. Untuk memberikan keterangan pengalaman “ pernah “ ( past tense ) bisa digunakan kata “봤다 “.
Sebenarnya kata ini adalah bentuk lampau dari pembahasan ~해 보다. Yang artinya “ mencoba” Misalnya :

a. 한국에 가 봤어요?
( han guk-e ka bwasseoyo ? )
Anda pernah ke Korea ?

b. 한국식당에 가 봤어요?
( hanguk sigdang-e ga bwasseoyo )
apakah anda pernah ke restoran Korea ?

____________________

“2. Untuk menyatakan pengalaman “ belum “, digunakan kata 아직 ~ 하지 않았다 ,Misalnya :

a. 나는 아직 시장에 가지 않았다
( Naneun ajig sijang-e kaji anatda )
Aku belum pernah pergi ke pasar.

b. 저는 아직 묵욕을 하지 않았습니다
( Jeoneun ajig mugyeokeul haji anasseumnida )
“ Saya belum mandi “
.

Sumber Learning : Ajeoshi Tazkiana

FollowMe :
|| Facebook || Twitter || Instagram ||

Tidak ada komentar:

Posting Komentar